Pandangan Islam Tentang Menghayal

Pandangan Islam Tentang Menghayal
Tanda ketidakproduktifan adalah banyak menghayal, karena berangan-angan membuat anda kehilangan waktu tapi tidak menghasilkan apa-apa. Banyak orang yang beranggapan bahwa bermimpi untuk mewujudkan cita-cita adalah langkah awal dari kesuksesan, tapi tentunya hal ini harus diiringi dengan tindakan, walau tindakan itu adalah tidakan yang kecil, karena langkah-langkah besar tentunya dimulai dari langkah yang kecil. Larangan berangan-angan diabadikan dalam Al-Quran dengan begitu jelas, Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
"Dan janganlah kamu mengangan-angankan karunia yang dilebihkan Allah kepada sebagian kamu dari sebagian lainnya." (Q.S. An-Nisa 32).


Akibat dari banyak Menghayal

Rentan mengalami gejala pada kepala
Biasanya orang suka berkhayal, maka akan cenderung terkena sakit kepala, ini disebabkan karena terlalu pusing. berifikir keras atau berkhayal keras dapat menimbulkan gangguan pada saraf otak dan membuat urat kepala selalu menegang.

Tidak Bergairah
Menghayal sering dilakuakn seseorang dimana saja tanpa mengenal tempat, seperti pada saat berdiam diri, sedang di perjalanan dan bahkan saat sedang beribadah seperti sholat. kerap manusia itu berkahayal, selain godaan syaitan ini juga disebabkan dorongan dari sendiri, setelah berkhayal biasanya seseorang itu terkejut jika dipanggil namanya. dan semangat diri sangat kurang, bahkan selalu malas karena badan lemas.

Emosi Meningkat
Orang yang suka berkhayal 70 persennya suka marah dan merajuk atau ngembek,dan yang lebih rentan adalah mudah tersinggung. mungkin hayalannya sudah tinggi. 

Geger otak/ Frustasi
Sudah bisa dipastikan orang yang menghayal itu fikirannya sudah di luar nalar, jadi ini jadi itu, bisa terjadi semua, namanya saja dunia kahayalan apapun bisa terjadi karena memang dia berkuasa pada kahayalannya. jika sering terjadi akan menimbulkan gangguan pada otak, ini tidak jauh berbeda dengan orang yang hobi maen game, dalam benaknya aktor yang ia mainkan dalam Geme adalah dirinya sendiri. jika terjadi kekalahan pada permainan maka ini akan membuatnya resah dan frustasi namun tak ingin berhenti dan terus mencoba.

Gangguan Jiwa
Menghayal bisa menimbulkan gangguan jiwa.? ini adalah pertanyaan yang sudah lama ditanyakan, menurut beberapa kasus yang terjadi yang dibeberkan media masa.jawaban adalah iya, dan memang benar karena menghayal itu tidak memberi dampak positif pada pelaku bahkan sebaliknya.
Alasan yang paling tepat membedakan khayalan dan impian adalah dampak atau inputnya jika seorang manusia memiliki keinginan sudah dapat dipastikan khayalannya pasti ada. kahayalan kenapa tidak pernah terwujud.? karena itu hanya fiktif belaka dan tidak ada dalam dunia nyata. kalo sudah bisa diterima nalar berarti itu bukanlah kahayalan.

Berkhayal bukanlah larangan, mungkin dengan sekali menghayal anda lebih semangat  menghadapi tantangan di kehidupan, namun tetaplah menjaga diri kita masing-masing. untuk menguarang kebiasan menghayaldan kalo bis jagan lakukan. demikianlah Dampak Buruk Negatif Banyak Menghayalsemoga bermanfaat...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pandangan Islam Tentang Menghayal"

  1. Iya tapi dari sedikit berhayal itu kemungkinan besar dapat terjadi juga lo. Contohnya dulu aku pernah berhayal bisa jalan2 di luar negri eh gak taunya kesampean juga loh. Ya tp jangan salah semua hayalan dan keinginan harus di sertai usaha yg keras agar kita dapat mencapainya 😄👍

    ReplyDelete
  2. Saya sering berhayal gimna nih min

    ReplyDelete

Jangan berkomentar dengan unsur pornografi dan sejenisnya...berkomentar lah yang baik baik.